Pengikut

Sabtu, 07 Desember 2013

Onde onde isi kacang hijau keju

Resep ini tak comot dari dsi punya ibu fah, kulitnya crispy ketika hangat tapi tidak alot ketika dingin hanya tak disarankan 2 x goreng lebih baik simpan di freezer, diamkan suhu ruang dulu, goreng.

Onde-onde kacang hijau keju

Adonan kulit:

250 gr tepung ketan
60 gr tepung beras
75 gr gula pasir
1/4 sdt garam (saya 1/2 sdt)
230 ml air santan encer hangat2 kuku (saya 250 ml)
100 gr wijen

adonan kulit bagi jadi 19 (saya timbang @20 gr/ adonan hasil jadi 21)

Bahan isi :

120 gr kacang hijau kupas, rendam di air
1 lbr daun pandan (2)
air secukupnya
» rebus kacang hijau, daun pandan sampai kacang hijau mengembang,tambahkan 3 sdm munjung gula { kalo suka manis bisa ditambah }
1/2 sdt garam
2 sdm santan bubuk (saya santan kara cair)
Saya tambah parutan keju setengah blok/60 gr
Masak hingga kering, aduk aduk agar tidak gosong.
Dinginkan. (kalo perlu masukkan freezer sebentar)
bagi isian bulat bulat.

Cara:
Masukkan tepung ketan, tepung beras, gula, garam jadi satu, aduk pake tangan biar tercampur ... masukkan air santan sedikit2 sampai
kalis / sampai bisa dibentuk.
ambil adonan, pipihkan, isi dgn kacang hijau, tutup bulatkan, gulingkan ke wijen .... (saya celup ke air dulu baru ke wijen)

cara menggoreng pake minyak yang banyak &
api kecil sampai terapung, baru besarkan api sedang... biar dalam matang & tidak meletus, jangan langsung pakai api besar itu penyebab meletus ...

Published with Blogger-droid v2.0.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar